MIX MARKETING 5P DAN 7P
ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
SALAM SEJAHTER BAGI KITA SEMUA.
Pada kesempatan kali ini saya akan mengenalkan perbedaan antara unsur mix
martketing 5P dengan 7P.sebelum masuk ke perbedaan nya saya akan menjelaskan
dulu apa itu mix marketing, sudah tau belum apa itu mix marketing ? mari kita
pelajari bersama ! let's go check it out.
#PENGERTIAN MIX MARKETING
è Mix Marketing merupakan strategi pemasaran
yang di lakukan suatu
perusahaan dengan menggabungkan elemen – elemen secara bersamaan dan
terpadu dan tidak akan jalan dengan maksimal apabila tidak ada dukungan dari
elemen lain.
è Beberapa elemen nya itu
dikenal dengan 4P pada awalnya namun
seiring berjalannya waktu jadi bertambah 3P menjadi 7P.
#UNSUR – UNSUR MIX MARKETING
è Yaitu ada unsur 7P,
unsur 7P itu terdiri dari :
1. Product 5. Partisipant
2. Price 6. Process
3. Promotion 7. Physical
4. Place
è Adapula unsur 5P, unsur 5P itu terdiri :
1. Product 5. Partisipant
2. Price
3. Promotion
4. Place
Sekarang saya akan menjelaskannya satu per
satu mulai dari unsur 5P.
A. Mix Marketing 5P (
konvensional )
1. Product (produk)
è Produk disini mengacu
pada barang apa yang kita hasilkan dan barang apa yang kita jual di pasaran,
termasuk fitur dan keuntugan dari barang yang kita jual. Dan kita juga tidak
bisa sembarang menjual barang ke pasaran, dan apabila ingin laku barang yang
kita jual harus memiliki keunikan sendiri baik dari sisi penampilan maupun
fungsinya.
2. Price (harga)
è Kalo tadi berbicara
tentang produk, sekarang harga. Harga yang di tawarkan ke pasaran harus sejalan
dengan fungsi dan penampilannya dengan produk yang kita buat tadi. Perlu
identifikasi dulu untuk menetapkan harga, dan tidak bisa asal saja, apabila
harga terlalu tinggi maka pembeli pun akan sedikit. Kecuali barang itu memang
langka dan unik dimata pembeli.
3. Promotion (promosi)
è Sudah dibuat barangnya,
sudah dapat harga yang pas, selanjutnya apabila produk kita ingin dikenal
orang, kita harus melakuan Promosi dengan cara memberi brosur tentang
produk kita atau menerjunkan SPG/SPB.
4. Place (tempat)
è Maksudnya adalah dimana
produk kita akan di jual atau di salurkan kemana. Jadi kita harus menemukan
lokasi yang pas.
5. People (orang)
è Orang disini mengacu
pada staff dan SPB/SPG yang bekerja di perusahaan itu sendiri. Apabila
perusahaan ingin maju, maka harus merekrut pekerja yang ahli dalam bidangnya
sendiri.
B. Mix Marketing 7P
1. Product (the service)
è Jadi produk/jasa yang
dijual diharapkan dapat memberikan manfaat dan memenuhi kebutuhan konsumen
serta memuaskannya. Karena konsumen tidak akan membeli produk/jasa apabila
tidak memuaskan dan memenuhinya.
2. Price (harga)
è Penenetapan harga sangat
penting dan penuh pertimbangan karena
akan memengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama
penentu posisi dan harus diputuskan dengan melihat harga pasaran.
3. Place (tempat)
è Tempat yang strategis
akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau
konsumen namun sekaligus juga menjadikan biaya rental yang mahal, biasanya.
Dekorasi dan desain juga menjadi daya tarik konsumen agar berkunjung.
4. Promosi (promosi)
è Merupakan aktivitas dan
materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, serta dapat mengkomunikasikan
informasi persuasif yang menarik tentang produk yang kita jualkan ke pasaran
dan bertujuan agar menarik konsumen, menjelaskan produk, dan mengajak konsumen
agar mendatangi tempat penjualan produk.
5. People (orang)
è Orang adalah aset utama
dalam perusahaan. Apalagi orang itu memiliki kinerja yang bagus dan sangat
berpengaruh pada perusahaan maupun dengan rekan kerjanya. Kebutuhan konsumen
terhadap karyawan yang apik akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan
pengetahuan yang baik itu bisa menjadi dasar dan pencitraan yang baik di luar.
6. Process (proses)
è Mutu pelayanan jasa
sangat bergantung pada proses penyampaiannya kepada konsumen. Untuk menjamin
mutu maka seluruh operasional perusahaan yang harus di jalankan sesuai dengan
sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh pegawai yang ahli, berkomitmen
dan loyal.
7. Physical Evidence (bukti
fisik)
è Adalah lingkungan tempat
jasa disampaikan dan tempat penyedian jasa dengan konsumen berinteraksi beserta
dengan semua komponen lainnya yang mendukung terwujudnya jasa.
Nah jadi begitulah penjelasannya, sampai disini perjumpaan kita, nantikan
tulisan berikutnya, mohon maaf apabila ada salah kata, dan mohon maaf apabila
belum sempurna dari tulisan saya.
WASSALAMUALAIKUM WR.WB
REFERENSI :
(diakses pada tanggal 9 November 2018 pukul 05.15)
(diakses pada tanggal 9 November 2018 pukul 05.26)
(diakses pada tanggal 9 November 2018 pukul 07.10)
Komentar
Posting Komentar