SEPUTAR TENTANG FINTECH

ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

      Pada tulisan kedua saya ini, saya akan memberi tahu kamu, tentang FinTech yang sedang populer belakangan ini. Sebelum itu, kamu sudah tau belum, apa itu FinTech ? sudah mendengar kata itu belum ? sebetulnya saya juga baru tahu tadi pagi si setelah dikasih tau bapak dosen :D, trus langsung dikasih tugas ini deh wkwk (curhat sedikit :D). Langsung saja kita masuk ke materi, serius kita sekarang.

 #ARTI FINTECH (FINANCIAL TECHNOLOGY)

FinTech berasal dari kata “Financial” dan “Technology”
FinTech adalah sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan dengan menggunakan kemajuan teknologi. Jadi jasa keuangan bisa lebih efisien apabila digabungkan dengan teknologi yang ada. Tapi tak menutup kemungkinan juga akan jadi kesalahan atau kekeliruan.

#SEJARAH PERKEMBANGAN FINTECH

            1.    Di dunia
è FinTech di dunia diawali dengan kemajuan teknologi di bidang keuangan, dan juga perkembangan komputer serta internet. di tahun 1966 ke atas membuka peluang besar bagi para pengusaha finansial untuk mengembangkan bisnis mereka secara global.
Di era 1980an, bank mulai menggunakan sistem pencatatan data yang mudah diakses melalui komputer. Dari sini, benih-benih FinTech mulai muncul di back office bank serta fasilitas permodalan lainnya. 
    Di tahun 1982, E-Trade membawa FinTech menuju arah yang lebih terang dengan memperbolehkan sistem perbankan secara elektronik untuk investor. Berkat pertumbuhan internet di tahun 1990an, model finansial E-Trade semakin ramai digunakan. Salah satunya adalah situs brokerage saham online yang memudahkan investor untuk menanamkan modal mereka.
    Tahun 1998 adalah saat di mana bank mulai mengenalkan online banking untuk para nasabahnya. FinTech pun menjadi semakin mudah digunakan masyarakat luas, juga makin dikenal. Pembayaran yang praktis dan jauh berbeda dengan metode pembayaran konvensional membuat perkembangan FinTech semakin gencar. Layanan finansial yang lebih efisien dengan menggunakan teknologi dan software dapat dengan mudah diraih dengan FinTech.
         2.    Di Indonesia
è Namun di Indonesia sendiri, FinTech baru muncul atau lahir beberapa tahun belakagan. Itu disebabkan karena masyarakat yang memakai smartphone dan internet yang sudah meningkat, dan menjadi incaran generasi milenial yang ingin menanam modal. Dan sudah banyak perusahaan FinTech yang ada di Indonesia sekarang ini.

#JENIS-JENIS FINTECH

Sesudah mengetahui arti dan sejarah nya, sekarang kita masuk ke jenis-jenis FinTech, jenis-jenisnya itu ada 4, yaitu :

1.   
Crowdfunding dan Peer to Peer Lending (P2P Lending)
o   Pada jenis ini, FinTech berguna sebagai mediasi yang menemukan antara investor dengan pencari modal.
Crowdfunding (pembayaran masal) dan Peer to Peer Lending ini diawasi oleh OJK ( Otoritas Jasa Keuangan).
Untuk UMKM P2P Lending sangat membantu karena, bisa meminjam dana dengan mudah walaupun tidak punya rekening bank. Kalo crowrdfunding itu lebih ke dansos untuk membantu korban bencana,dll.

2.    Market Aggregator
o   Jadi maksud dari jenis FinTech ini adalah, dimana FinTech sebagai pembanding produk keuangan mengumpulkan dan mengoleksi data finansial untuk dijadikan referensi oleh pengguna ( Financial Aggregator). Jenis ini akan diberikan sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial serta preferensi konsumen.

3.    Risk and Invesment Management
o   Kalo yang ini menawarkan seperti financial planner berbentuk digital dimana user dibantu untuk mendapatkan produk investasi yang paling cocok dan sesuai. Pada FinTech jenis ini juga tersedia manajemen aset, dimana FinTech akan membantu operasioanl suatu usaha jadi lebih praktis/efisien.

4.    Payment, Settlement dan Clearing
o   Kalo jenis ini pasti udah paham dong, dari namanya saja sudah “payment”, pasti untuk pembayaran. Maksudnya ini menjadi sebuah jembatan bagi pelanggan dan e-commerce yang difokuskan pada sistem pembayaran.



#Salah satu contoh FinTech ialah :
        
         BluePay Wallet
→BluePay wallet ialah dompet digital untuk memberi kenyaman dalam transaksi pembayaran menjadi lebih mudah. Kamu bisa membayar tagihan PDAM & PLN, isi pulsa, bahkan beli voucher game di sini. Kamu juga bisa membeli minuman atau makanan yang tersedia di vending machine bluepay dan mengisi saldo nya juga.

      PT BluePay Digital International didirikan di Jakarta sebagai perusahaan teknologi keuangan lokal, yang memperoleh persetujuan E-money dari BI untuk beroperasi sebagai Uang Elektronik Berbasis Server di Indonesia yang memungkinkan pengguna untuk memindai dan membayar tagihan, isi ulang, dan pembelian.
    Pusat operasi dan R & D PT BluePay Digital International didirikan di Indonesia, dengan dukungan dari BluePay Group (Perusahaan Fintech Asia Tenggara dengan markas besar di Bangkok) untuk memberikan pengalaman pembayaran seluler terbaik kepada pelanggan dan mitranya.
    
     Salah satu kasus penggunaan utama BluePart adalah mesin penjual otomatis BlueMart yang cerdas. Perusahaan ini menggunakan jaringan mesin penjual otomatisnya yang luas di Indonesia, memberikan pengguna offline pengalaman ritel yang paling nyaman, cerdas, dan baru melalui pembayaran seluler kepada pengguna.
     Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya tulis kali ini didalam blog saya, kurang lebih nya mohon maaf dan maaf apabila tidak sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. tunggu postingan saya yang lain yaaa, sampai nanti.

Referensiku :
http://bluepay.id
(diakses pada tanggal 19 Oktober 2018)



Komentar

Postingan Populer